Tag

, ,


Dalam kehidupan sehari-hari, kita melihat gelembung air sabun akan terlihat berwarna, warni. Begitu juga genangan minyak tanah diatas permukaan air, akan terlihat sama berwarna warni.

Apa yang terjadi dengan peristiwa itu ?

Kesan melihat gelembung air sabun berwarna-warni disebabkan terjadinya  interferensi yaitu perpaduan dua gelombang cahaya a yang jatuh pada selaput tipis, seperti selaput air sabun.

Sinar datang (AB) jatuh pada selaput tipis dengan tebal lapaisan (d), oleh selaput akan dibiaskan sinar (BC)  dan dua sinar dipantulkan yaitu sinar (BD) dan EF, kedua sinar s1 dan s2 akan berinterferensi di retina mata, sehingga kita bisa melihat gelembung sabun berwarna warni, seperti pada gambar berikut.

Jika cahaya yang dijatuhkan pada selaput tipis cahaya monokhromatik, maka pada gelembung sabun tidak akan terlihat warna pelangi, melainkan warna terang dan gelap.

Rumus untuk menghasilkan pola terang/interferensi maksimum sbb:

Keterangan :

n. = Indek bias lapisan tipis

d  = tebal lapisan

r   = sudut bias

m  = orde terang ke 1,2,3…dst

Rumus terjadinya pola gelap/interferensi minimum sbb:

Contoh Soal :

  1. Selaput tipis air sabun disinari dalam arah tegak lurus dengan menggunakan cahaya natrium (l = 589,3 nm). Jika indeks bias air sabun adalah 1,33, maka ketebalan minimum selaput air sabun yang tampak terang adalah……
  1. 110,8 nm                       d. 412 nm
  2. 219,8 nm                       e. 546 nm
  3. 3110