Tag

, , ,


Listrik adalah kekuatan dasar di alam dan petir menunjukkan betapa kuatnya listrik. Petir terjadi ketika arus udara yang kuat membelah muatan listrik positif dan negatif, hal itu menyebabkan tegangan yang besar, dilepaskan sebagai kilatan raksasa oleh Listrik Statis

 

Studi tentang listrik dibagi atas dua bagain yaitu Listrik Statis (Elektrostatis) dan Listrik Dinamis (Elektrodinamis). Listrik dapat menghancurkan dan membunuh, namun para ahli dapat menjinakan dan menggunakan tenaganya untuk menerangi kota-kota.

Listrik adalah bahan alami di alam semesta. Semua benda di sekeliling kita tersusun atas partikel terkecil yang disebut atom. Di dalam atom terdapat partikel-partikel yang bermuatan positif dan muatan negatif (elektron). Kita jarang memperhatikan listrik disekitar kita, karena muatan listrik positif dan negative seimbang, namun, ketika sebuah obyek di sentuh dapat terjadi perpindahan electron. Contohnya sebuah sisir dapat mengikat electron dari rambut, membuat rambut bermuatan positif sehingga rambut berdiri tegak.

Terjadinya Muatan Listrik

  1. Ketika batang plastic digosok-gosokan pada rambut kering atau kain wol, electron-elektron dari rambut/kain wol menuju batang plastic, sehingga batang plastic kelebihan electron dan batang plastic menjadi bermuatan negative dan dapat menarik potongan-potongan kecil kertas, seeperti pada gambar berikut.
  2. Ketika batang kaca digosok dengan kain sutera, electron-elektron batang kaca menuju kea rah kain sutra sehingga batang kaca kekurangan electron, dan batang kaca menjadi bermuatan potitif.