Kompetensi Inti       :

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

MateriPembelajaran Kompetensi Dasar Indikator
Gelombang Bunyi 1.2       Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, serta menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan yang telah mengatur berbagai proses gelombang.

 

2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.

 

Menunjukkan sikap bekerja sama, cermat, teliti, jujur,, tanggung jawab dan kreatif selama pembelajaran.
2.2         Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan. Menunjukkan sikap kerja sama dan komunikatif dalam melakukan tugas individu dan kelompok selama melaksanakan percobaan serta melaporkan hasil.

 

3.1            Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi. 1.         Mengemukakan beberapa sumber dan perambatan gelombang bunyi.

2.         Menyelidiki sifat-sifat gelombang bunyi.

3.         Menentukan frekuensi pengamat pada peristiwa efek Doppler.

4.         Menghitung frekuensi pelayangan gelombang

5.         Menentukan intensitas dan taraf intensitas bunyi.

6.         Menerapkan gelombang ultrasonik dalam berbagai teknologi.

 

PERTEMUAN I (HARI I):

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Melalui kegiatan mengamati dan diskusi, peserta didik dapat mengidentifikasi gelombang bunyi pada senar dan dawai.
  3. Melalui kegiatan praktikum dan diskusi, peserta didik dapat menentukan kecepatan perambatan bunyi di udara.
  4. Melalui kegiatan praktikum dan diskusi, peserta didik dapat mengaitkan hubungan antara panjang kolom udara dengan tinggi rendahnya bunyi yang dihasilkan dari pipa organa.
  5. Melalui kegiatan mengamati dan diskusi, peserta didik dapat menghitung kecepatan perambatan bunyi di dalam zat cair, zat gas, dan zat padat.
  6. Melalui kegiatan praktikum dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan proses pemantulan dan pembiasan gelombang bunyi.
  7. Melalui kegiatan praktikum dan diskusi, peserta didik dapat menyelidiki proses interferensi dan difraksi pada gelombang bunyi.
  8. Melalui kegiatan praktikum, peserta didik dapat menunjukkan perilaku ilmiah teliti, kerja keras dan komunikatif.

 

  1. Materi Pembelajaran

Sumber dan perambatan gelombang bunyi serta sifat-sifat gelombang bunyi.

 

  1. Metode Pembelajaran
  2. Pendekatan umum : saintifik
  3. Metode : diskusi kelompok dan tanya jawab
  4. Model : inkuiri

 

  1. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

 

1.      Media proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi  Powerpoint Bab 1.
2.      Alat alat peraga sederhana seperti gambar-gambar sumber bunyi, Lembar Aktivitas Siswa (LAS),
3.      Sumber Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 3 serta materi tambahan yang dapat diunduh di http://physics.info/school/

 

 

 

 

  1. Kegiatan Pembelajaran
  2. Pendahuluan
  3. Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait tentang materi gelombang bunyi dan mengingatkan kembali materi gelombang yang sudah dipelajari pada kelas XI.
  4. Apersepsi:
  • Bagaimana kita dapat mendengar suara orang-orang yang ada di sekitar kita?
  1. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang perambatan gelombang dan sifat-sifat gelombang bunyi.
  2. Inti
  3. Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang telah disebutkan pada strategi pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.

Mengamati

  • Melakukakan pengamatan tentang perambatan bunyi (Kegiatan 1.1).
  • Mengajukan pertanyaan berdasarkan gambar yang sedang diamati.
  • Menyelidiki proses pembentukan bunyi pada alat musik dawai (Kegiatan 1.2).
  • Menyelidiki hubungan antara panjang kolom dengan tinggi rendahnya bunyi yang dihasilkan (Aktivitas Ilmiah 1.1).
  • Membaca uraian tentang resonansi pada garpu tala dan kolom udara yang terdapat dalam Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 3 halaman 11.
  • Menentukan kecepatan perambatan bunyi di udara (Aktivitas Ilmiah 1.2).
  • Membaca dan memahami penjabaran tentang pipa organa dan percobaan Kundt yang terdapat dalam Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 3 halaman 9 sampai 10.
  • Mencari tahu alasan mengapa bunyi terdengar lebih keras dalam ruang tertutup (Aktivitas Ilmiah 1.3).
  • Menyelidiki perambatan bunyi (Kegiatan 1.3).
  • Menyelidiki proses interferensi bunyi (Aktivitas Ilmiah 1.4).
  • Mencari tahu proses difraksi bunyi (Kegiatan 1.4).

Menanya

Setelah mengamati permasalahan tersebut, guru memberikan stimulus kepada peserta didik agar mengemukakan pertanyaan sesuai dengan materi yang sedang di sampaikan, misalnya:

  • Mengapa panjang dawai dapat mempengaruhi besarnya frekuensi?
  • Apa saja contoh resonansi pada gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari?

Pengumpulan Data

Peserta didik secara berkelompok di bimbing guru untuk melakukan proses pengumpulan data/informasi dari berbagai sumber, seperti buku referensi Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1 dan internet: http://www.physicsclassroom.com/SpecialPages atau sumber lain mengenai materi sumber, perambatan serta sifat-sifat gelombang bunyi.

Mengasosiasi

Setelah peserta didik memperoleh data dari hasil percobaan, pengamatan, dan diskusi, guru membimbing peserta didik untuk:

  • Menganalisis informasi yang diperoleh dari berbagai sumber mengenai sumber, perambatan, dan sifat-sifat gelombang bunyi.
  • Menelaah data tentang kecepatann bunyi dalam berbagai media.
  • Menyimpulkan faktor yang memengaruhi besarnya cepat rambat bunyi.

Mengomunikasikan

Setelah memperoleh kesimpulan, peserta didik secara berkelompok dibimbing oleh guru untuk membuat laporan kemudian mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Peserta didik diberikan motivasi oleh guru agar percaya diri saat menyampaikan pendapat.

  1. Memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
  2. Penutup

Guru memberikan peserta didik koreksi dan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari dan memberikan peserta didik kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Setelah itu, peserta didik diminta untuk membuat rangkuman mengenai materi sumber, perambatan, dan sifat-sifat gelombang. Guru juga melakukan penilaian terhadap proses dan hasil diskusi peserta didik dan memberikan apresiasi berupa pujian atau penghargaan kepada peserta didik atau kelompok yang berkinerja dengan baik selama proses pembelajaran. Di akhir kegiatan guru memberikan tes formatif secara lisan atau tertulis kepada peserta didik, serta memberikan PR dan menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.

 

PERTEMUAN II (HARI II ):

  1. Materi Pembelajaran
  • Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan efek Doppler beserta contohnya.
  • Melalui kegiatan mengamati dan diskusi, peserta didik dapat menentukan frekuensi yang didengar pengamat pada fenomena efek Doppler.
  • Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menentukan frekuensi pelayangan gelombang bunyi.
  • Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat menghitung intensitas dan taraf intensitas bunyi.
  • Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi, peserta didik dapat menjelaskan penerapan konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi.
  • Melalui mengamati dan diskusi, peserta didik dapat menunjukkan perilaku ilmiah komunikatif.

                             

  1. Materi Pembelajaran

Efek Doppler, pelayangan gelombang bunyi, intensitas dan taraf intensitas bunyi, serta pemanfaatan gelombang ultrasonik.

 

  1. Metode Pembelajaran
  2. Pendekatan umum : saintifik
  3. Metode : diskusi dan tanya jawab
  4. Model : inkuiri

 

  1. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media Proyektor dan komputer, lengkap dengan media presentasi Powerpoint Bab1.
2.   Alat :Lembar Aktivitas Siswa (LAS)
3.   Sumber Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 3, serta cuplikan video pembelajaran tentang gelombang bunyi yang dapat diunduh di http://www.youtube.com/watch?v=ECNDpCYvaOc.
  1. Kegiatan Pembelajaran
  2. Pendahuluan
  3. Kegiatan pembelajaran didahului dengan guru membimbing peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pembelajaran. Kemudian, guru mengondisikan kelas agar peserta didik tertib mengikuti proses pembelajaran..
  4. Apersepsidiawali dengan tanya jawab untuk mengetahuipengetahuan awal peserta didik yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari, misalnya:
  • media apa yang paling cepat untuk merambatkan bunyi?
  • Jika Anda sedang berkendaraan di jalan raya dan ada mobil ambulance yang akan melewati Anda, bagaimana suara sirine yang Anda dengar pada saat ambulance masih jauh dan sudah berada di dekat Anda? Terdengar makin keras atau makin lemah?
  1. Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari ini tentang Efek Doppler, pelayangan gelombang bunyi, intensitas dan taraf intensitas bunyi, serta pemanfaatan gelombang ultrasonik.
  2. Inti
  3. Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model, pendekatan, dan metode pembelajaran yang telah disebutkan pada strategi pembelajaran. Langkah-langkahnya dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.

Mengamati

Kegiatan mengamati pada pertemuan kedua dalam pembelajaran gelombang bunyi dapat berupa mengamati peristiwa perambatan gelombang saat sumber getar bergerak dan diam yang ditunjukkan oleh Gambar 1.14. Selanjutnya, peserta didik menyimak teks tentang menghitung frekuensi yang didengar pengamat pada beberapa fenomena yang berbeda. Guru juga meminta peserta didik untuk memahami proses pelayangan bunyi (Kegiatan 1.5) serta memahami grafik pelayangan gelombang pada Gambar 1.16. Kemudian, peserta didik menyimak teks tentang intensitas dan taraf intensitas bunyi. Setelah itu, guru meminta peserta didik untuk menyimak teks tentang pemanfaatan gelombang ultrasonik dan mengamati Gambar 1.20 yang menunjukkan penerapan gelombang ultrasonik untuk mengukur kedalaman laut.

Menanya

Setelah mengamati permasalahan tersebut, guru membimbing peserta didik secara berkelompok dan memberikan stimulus kepada peserta didik agar dapat bertanya. Guru mengarahkan peserta didik agar pertanyaan yang timbul terkait dengan materi yang sedang disampaikan, misalnya:

  • Mengapa efek Doppler dapat digunakan untuk mengukur kecepatan mobil di jalan raya (Gambar 1.15)?
  • Bagaimana contoh fenomena pelayangan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari?

Pengumpulan Data

Peserta didik secara berkelompok dibimbing oleh guru untuk mengumpulkan data/informasi lebih lanjut tentang materi yang sedang dipelajari:

  • Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti buku referensi Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1 dan sumber dari internet: http://physicsclassroom.com/class/waves/lesson-3/the-doppler-effect atau sumber lainnya mengenai materi efek Doppler, pelayangan gelombang bunyi, intensitas dan taraf intensitas bunyi, serta penerapan gelombang bunyi dalam teknologi.
  • Guru mengajak peserta didik untuk membuat jembatan keledai agar peserta didik lebih mudah dalam menentukan frekuensi pengamat pada variasi fenomena efek Doppler.

Mengasosiasi

Setelah peserta didik memperoleh data dari hasil pengamatan dan diskusi, guru membimbing peserta didik untuk:

  • Menganalisis informasi yang diperoleh dari berbagai sumber mengenai efek Doppler, pelayangan gelombang bunyi, intensitas dan taraf intensitas bunyi, serta penerapan gelombang bunyi dalam teknologi.
  • Menelaah data tentang variasi dari fenomena efek Doppler.
  • Menganalisis grafik pelayangan gelombang.
  • Menyimpulkan perbedaan antara intensitas dan taraf intensitas gelombang.

Mengomunikasikan

Pada kegiatan ini, guru meminta peserta didik untuk berdiskusi secara berkelompok dan mengemukakan hasil diskusinya di depan kelas. Peserta didik lain memerhatikan dan menanggapi pendapat yang disampaikan. Guru memberikan motivasi dan meminta peserta didik untuk berani dan percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.

  1. Memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
  2. Penutup

Pada kegiatan penutup, peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Selanjutnya, guru bersama-sama dengan peserta didik melakukan refleksi dan membuat rangkuman dari materi yang telah dipelajari. Guru memberikan penilaian terhadap peserta didik baik dalam proses maupun hasil diskusi selama pembelajaran. Hasil penilaian tersebut akan digunakan guru untuk merancang kegiatan remedial, program pengayaan, layanan konseling. Di akhir pembelajaran, guru memberikan tes formatif secara lisan atau tertulis, serta memberikan Tugas Projek kepada peserta didik yang dapat diambil dari Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 3 halaman 28. Guru juga tidak lupa untuk menyampaikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

 

PENILAIAN

  1. Teknik dan Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti Teknik Bentuk Instrumen
Kompetensi Inti I dan II ·      Pengamatan Sikap ·      Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Kompetensi Inti III dan IV ·      Tes Unjuk Kerja ·      Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
·      Tes Tertulis ·      Tes Uraian
·      Portofolio ·      Panduan Penyusunan Portofolio

 

  1. Contoh Instrumen
  2. Lembar Pengamatan Sikap
  • Kompetensi Inti I

Pedoman Observasi Sikap Spiritual

Petunjuk Observasi

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:

 

4   = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3=sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2   = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1   = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

Nama Siswa                     : ………………….

Kelas                                : ………………….

Tanggal Pengamatan         : …………………..

Materi Pokok                    : …………………..

No Aspek Pengamatan Skor Keterangan
1 2 3 4
1 Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari gelombang bunyi.          
2 Mengucapkan rasa syukur atas akal dan pikiran yang diberikan Tuhan.          
3 Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi..          
Jumlah Skor          

Petunjuk Penyekoran

Siswa memperoleh nilai:

Baik Sekali           : apabila memperoleh skor  16 – 20

Baik                     : apabila memperoleh skor  11 – 15

Cukup                  : apabila memperoleh skor  6 – 10

Kurang                 : apabila memperoleh skor  1 – 5

 

  • Kompetensi Inti II
  1. Kreatif

Pedoman Observasi Sikap Teliti

Petunjuk Observasi

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap siswa. Berilah tanda cek (√) padakolom skor sesuai sikap kreatif yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:

4   = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3   = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2   = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1   = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

Nama Siswa                     : ………………….

Kelas                                : ………………….

Tanggal Pengamatan         : …………………..

Materi Pokok                    : …………………..

 

No Aspek Pengamatan Skor Keterangan
1 2 3 4
1 Terlibat aktif dalam permasalahan bersama          
2 Bekerja sama dengan anggota kelompok dalam menyelesaikan permasalahan          
3 Mendengarkan dan memberikan pendapat dalam diskusi kelompok          
Jumlah Skor          

 

Petunjuk Penyekoran

Siswa memperoleh nilai:

Baik Sekali           : apabila memperoleh skor  13 – 16

Baik                     : apabila memperoleh skor 9 – 12

Cukup                  : apabila memperoleh skor  5 – 8

Kurang                 : apabila memperoleh skor  1 – 4

 

  1. Komunikatif

Pedoman Observasi Sikap Komunikatif

Petunjuk Observasi

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap siswa. Berilah tanda cek (√) padakolom skor sesuai sikap komunikatif yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:

4   = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3   = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2   = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1   = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Siswa                     : ………………….

Kelas                                : ………………….

Tanggal Pengamatan         : …………………..

Materi Pokok                    : …………………..

 

No Aspek Pengamatan Skor Keterangan
1 2 3 4
1 Dapat menyampaikan pendapat dengan benar          
2 Aktif dalam melakukan tanya jawab          
3 Menghargai pendapat orang lain          
Jumlah Skor          

 

Petunjuk Penyekoran

Siswa memperoleh nilai:

Baik Sekali           : apabila memperoleh skor  13 – 16

Baik                     : apabila memperoleh skor 9 – 12

Cukup                  : apabila memperoleh skor  5 – 8

Kurang                 : apabila memperoleh skor  1 – 4

 

  1. Teliti dan Cermat

Pedoman Observasi Sikap Teliti dan Cermat

 

Petunjuk Observasi

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap siswa. Berilah tanda cek (√) padakolom skor sesuai sikap teliti dan cermat yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut:

4   = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

3   = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

2   = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

1   = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

Nama Siswa                     : ………………….

Kelas                                : ………………….

Tanggal Pengamatan         : …………………..

Materi Pokok                    : …………………..

No Aspek Pengamatan Skor Keterangan
1 2 3 4
1 Dapat teliti dalam memecahkan soal latihan          
2 Dapat teliti dalam melakukan aktivitas sehari-hari          
Jumlah Skor          

 

Petunjuk Penyekoran

Siswa memperoleh nilai:

Baik Sekali           : apabila memperoleh skor  13 – 16

Baik                     : apabila memperoleh skor 9 – 12

Cukup                  : apabila memperoleh skor  5 – 8

Kurang                 : apabila memperoleh skor  1 – 4

 

  1. Lembar Tes Unjuk Kerja
No Aspek yang Dimiliki Ya Tidak Ket
1 Mengamati Suatu Permasalahan dengan Cermat      
2 Menyiapkan alat-alat keselamatan kerja dalam praktikum      
3 Menggunakan peralatan praktikum secara hati–hati dan bertanggung jawab      
4 Menyusun alat praktikum sesuai dengan petunjuk      
5 Mampu bekerja sama dengan baik antaranggota kelompok yang lain      
6 Teliti dalam mengamati hasil praktikum      
7 Melakukan pengambilan data hasil pengamatan dengan benar, cermat, dan bersungguh-sungguh  

 

   
8 Mengajukan Ide, Gagasan, dan Argumentasi      
9 Menyajikan Penyelesaian dari Suatu Masalah      
10 Mempresentasikan Hasil Pengamatan dan Memberi Penjelasan Uraian dengan Cara Yang Menarik      
Jumlah      

Petunjuk Penyekoran

Siswa memperoleh nilai:

Baik                    : apabila terdapat  3 jawaban YA

Cukup                : apabila terdapat  2 jawaban YA

Kurang               : apabila terdapat  1 jawaban YA

 

  1. Lembar Tes Tertulis
  2. Seutas dawai panjangnya 0,80 m. jika tegangan dawai itu diatur sedemikian hingga kecepatan gelombang transversal yang dihasilkannya adalah 400 m/s, maka frekuensi nada dasarnya adalah ….
  3. 640 Hz   250 Hz
  4. 500 Hz   125 Hz
  5. 320 Hz
  6. Jika sebuah pipa organa tertutup ditiup sehingga timbul nada atas ketiga, maka yang terjadi adalah ….
  7. 4 perut dan 4 simpul   5 perut dan 5 simpul
  8. 4 perut dan 5 simpul   5 perut dan 6 simpul
  9. 5 perut dan 4 simpul
  10. Pada suatu percobaan dengan tabung resonansi, ternyata resonansi pertama diperoleh bila permukaan air di dalam tabung berada 20 cm dari ujung atas tabung. Resonansi kedua akan terjadi jika jarak permukaan air ke ujung tabung adalah ….
  11. 20 cm   60 cm
  12. 40 cm   80 cm
  13. 50 cm
  14. Jika sebuah sepeda motor melewati seseorang, maka ia menimbulkan taraf intensitas (TI) sebesar 80 dB. Jika sekaligus orang itu dilewati 10 sepeda motor seperti itu, maka taraf intensitasnya adalah ….
  15. 8 dB   90 dB
  16. 70 dB   800 dB
  17. 80 dB
  18. Suatu sumber bunyi bergerak relatif terhadap pendengan yang diam. Jika cepat rambat bunyi di udara 325 m/s dan kecepatan sumber bunyi 25 m/s, maka perbandingan frekuensi yang diterima pendengan itu pada saat sumber bunyi mendekat dan menjauhi adalah …
  19. 5 : 6   6 : 5
  20. 6 : 7   5 : 4
  21. 7 : 6

 

Jawaban:

  1. d
  2. a
  3. d
  4. d
  5. c

 

 

 

  1. Lembar Portofolio

Buatlah kelompok yang beranggotakan paling sedikit tiga orang. Dalam tugas projek ini, Anda akan membuat seruling yang terbuat dari pipa PVC. Sebelum membuat suling, Anda harus mengerti terlebih dahulu urutan notasi pada lubang-lubang seruling tersebut. Anda dapat melakukan dan mengikuti langkah-langkah pembuatan seruling yang dapat diunduh di http://www.rifky.org/cara-membuat-seruling-dari-paralon.xhtml. Tulis laporan hasil proyek ini, kemudian presentasikan di depan kelas dengan menggunakan media presentasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

KepalaSekolah

 

 

_______________________

NIP.

…………….., ………………………

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

_______________________

NIP.