Forum Diskusi


Silahkan bergabung di Forum diskusi untuk kita berdiskusi tentang apa saja. Topiknya boleh tentang materi Fisika, atau lainnya yang penting forum ini dapat bermanfaat. Untuk siswa bisa berdiskusi dengan teman2 dikelas atau teman-teman di sekolah lain tentang pelajaran fisika. Trimakasih partisipasinya.

25 thoughts on “Forum Diskusi”

  1. P.S. Please review our design portfolio for Doors2012.

  2. Metro Style Icon Studio 5.0+crack | 6.95 Mb

    http://imageshack.us/a/img405/3774/scrfull.jpg

    Author: IconEmpire

    A powerful, easy-to-use utility for finding, extracting, creating and editing icons and cursors and managing icon libraries and image lists.

    With Metro Style Icon Studio, you can:
    Make Windows 8 Metro Icons
    Manage icons, static and animated cursors, icon and cursor libraries and image lists
    Create and edit smooth semi-transparent icons, static and animated cursors for Windows XP
    Create and edit icons in standard and custom sizes, with color depth up to 32-bit True Color
    Make stylish icons from your images
    Paint images with gradients and fills
    Create multi-layer images
    Modify images with drop shadow, opacity, smoothing, negative, grayscale, colorization, rotation, roll and mirror effects
    Import and export ICO, BMP, JPEG, ANI, CUR, GIF, PNG, TGA, TIFF, WMF, WBMP, XPM, XBM and Adobe Photoshop PSD image formats
    Import Mac OS icons from ICNS and RSRC files
    Manage icon libraries for better and more efficient image storage
    Extract icons from Windows executables, libraries and animated cursor files, ZIP and RAR archives
    Download icons from the Internet
    Modify icons inside executables
    Search in folders for icons and cursors
    Convert or apply effects to multiple icons at once

    downloadHotfile:
    http://hotfile.com/dl/82359830/ec46faa/IconLover.v5.01.Portable.rar.html

  3. developers said:

    High
    We look for quality and not-expensive stock icons forWin 8 development.
    Anybody can advice something cool and real?

    Thanks in advance.

  4. sagita melati said:

    bu….mohon doanya semoga semua sisawa kelas 12 bisa ngerjain unas fisika juga smwa ya buuuuu…hatur nuhun

  5. sarianti pundi abdyantary XII IA 4/27 said:

    ibu soal soal buat persiapan UAS d taruh blog juga y bu….biar bisa d download
    sama jawabannya juga gapapa bu…hehhee
    makasi buuu :))

  6. sagita melati xii apa4/26 said:

    bunda…kalo luqman tanya tentang lubang hitam
    bagaimana dengan adanya segitiga bermuda itu bu?
    menurut beberapa ahli katanya keberadaan segitiga bermuda itu merupakan gelombang magnet terbesar ya bu?
    apa kah ini juga karna gejala alam atau ada dari segi lain?
    knapa terjadi demikian????
    trimakasih bu….
    mohon jawabannya detail ya bundo…

    haturnuhun

    -sagita xii ipa4/26-

    • Baiklah Sagita, ibu akan mencoba menjawab.

      Segitiga Bermuda (bahasa Inggris: Bermuda Triangle), kadang-kadang disebut juga Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.

      Segitiga bermuda sangat misterius. Sering ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dari peristiwa hilangnya kapal yang melintas. Ada pula yang mengatakan bahwa sudah menjadi gejala alam bahwa tidak boleh melintasi wilayah tersebut. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa itu semua akibat ulah makhluk luar angkasa.

      Sejarah awal

      Pada masa pelayaran Christopher Colombus, ketika melintasi area segitiga Bermuda, salah satu awak kapalnya mengatakan melihat “cahaya aneh berkemilau di cakrawala”. Beberapa orang mengatakan telah mengamati sesuatu seperti meteor. Dalam catatannya ia menulis bahwa peralatan navigasi tidak berfungsi dengan baik selama berada di area tersebut.

      Berbagai peristiwa kehilangan di area tersebut pertama kali didokumentasikan pada tahun 1951 oleh E.V.W. Jones dari majalah Associated Press. Jones menulis artikel mengenai peristiwa kehilangan misterius yang menimpa kapal terbang dan laut di area tersebut dan menyebutnya ‘Segitiga Setan’. Hal tersebut diungkit kembali pada tahun berikutnya oleh Fate Magazine dengan artikel yang dibuat George X. Tahun 1964, Vincent Geddis menyebut area tersebut sebagai ‘Segitiga Bermuda yang mematikan’, setelah istilah ‘Segitiga Bermuda’ menjadi istilah yang biasa disebut. Segitiga bermuda merupakan suatu tempat dimana di dasar laut tersebut terdapat sebuah piramid besar mungkin lebih besar dari piramid yang ada di Kairo Mesir. Piramid tersebut mempunyai jarak antara ujung piramid dan permukaan laut sekitar 500 m,di ujung piramid trsebut terdapat dua rongga lubang lebih besar.

      Penjelasan beberapa sumber

      Berikut adalah penjelasan dari beberapa narasumber yang menyatakan keanehan Segitiga Bermuda bahwa di sana terdapat gas methan, dianggap kapal yang hilang di sana telah melampaui batas kargo, Pangkalan UFO, tempat berkumpulnya para setan golongan Jin (Istana Setan) dan ada yang mengatakan bahwa di sanalah terletak telaga “Air Kehidupan” yang sanggup membuat awet muda dan panjang umur.
      [sunting] Muatan berlebih

      Peta tempat-tempat yang mengandung gas methana

      Perusahaan asuransi laut Lloyd’s of London menyatakan bahwa segitiga bermuda bukanlah lautan yang berbahaya dan sama seperti lautan biasa di seluruh dunia, asalkan tidak membawa angkutan melebihi ketentuan ketika melalui wilayah tersebut. Penjaga pantai mengkonfirmasi keputusan tersebut. Penjelasan tersebut dianggap masuk akal, ditambah dengan sejumlah pengamatan dan penyelidikan kasus.

      Gas Methana dan pusaran air

      Penjelasan lain dari beberapa peristiwa lenyapnya pesawat terbang dan kapal laut secara misterius adalah adanya gas metana di wilayah perairan tersebut. Teori ini dipublikasikan untuk pertama kali tahun 1981 oleh Badan Penyelidikan Geologi Amerika Serikat. Teori ini berhasil diuji coba di laboratorium dan hasilnya memuaskan beberapa orang tentang penjelasan yang masuk akal seputar misteri lenyapnya pesawat-pesawat dan kapal laut yang melintas di wilayah tersebut.

      Menurut Bill Dillon dari U.S Geological Survey, air bercahaya putih itulah penyebabnya. Didaerah segitiga maut Bermuda, tapi juga di beberapa daerah lain sepanjang tepi pesisir benua, terdapat “tambang metana”. tambang ini terbentuk kalau gas metana menumpuk di bawah dasar laut yg tak dapat ditembusnya. Gas ini dapat lolos tiba2 kalau dasar laut retak. Lolosnya tdk kepalang tangung. Dengan kekuatan yg luar biasa, tumpukan gas itu menyembur ke permukaan sambil merebus air, membentuk senyawaan metanahidrat.

      Air yang dilalui gas ini mendidih sampai terlihat sebagai “air bercahaya putih”. Blow out serupa yg pernah terjadi dilaut Kaspia sudah banyak menelan anjungan pengeboran minyak sebagai korban. Regu penyelamat yang dikerahkan tidak menemukan sisa sama sekali. Mungkin karena alat dan manusia yang menjadi korban tersedot pusaran air, dan jatuh kedalam lubang bekas retakan dasar laut, lalu tanah dan air yg semula naik ke atas tapi kemudian mengendap lagi didasar laut, menimbun mereka semua.

      Gempa laut dan gelombang besar

      Teori ini mengatakan gesekan dan goncangan di tanah di dasar Lautan Atlantik menghasilkan gelombang dahsyat dan seketika kapal-kapal menjadi hilang kendali dan langsung menuju dasar laut dengan kuat hanya dalam beberapa detik. Adapun hubungannya dengan pesawat, maka goncangan dan gelombang kuat tersebut menyebabkan hilangnya keseimbangan pesawat serta tidak adanya kemampuan bagi pilot untuk menguasai pesawat.

      Gravitasi (medan graviti terbalik, anomali magnetik graviti) dan hubungannya dengan apa yang terjadi di Segitiga Bermuda; sesungguhnya kompas dan alat navigasi elektronik lainnya di dalam pesawat pada saat terbang di atas Segitiga Bermuda akan goncang dan bergerak tidak normal, begitu juga dengan kompas pada kapal, yang menunjukkan kuatnya daya magnet dan anehnya gravitasi yang terbal

      Pangkalan U.F.O.

      Pemerintah dan Akademis Independen A.S. mengatakan Segitiga Bermuda disebabkan karena tempat tersebut merupakan Pangkalan UFO sekelompok mahkluk luar angkasa/alien yang tidak mau diusik oleh manusia, sehingga kendaraan apapun yang melewati teritorial tersebut akan terhisap dan diculik. Ada yang mengatakan bahwa penyebabnya dikarenakan oleh adanya sumber magnet terbesar di bumi yang tertanam di bawah Segitiga Bermuda, sehingga logam berton-tonpun dapat tertarik ke dalam.

      Istana Setan

      Dalam hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi Muhammad, dikatakan bahwa pertemuan antara suhu panas dan dingin (sejuk) adalah ikatakan larangan ini karena tempat seperti itu adalah tempat yang paling digemari oleh Setan.[1] Karena menurut beberapa pendapat ada yang mengatakan bahwa Segitiga Bermuda merupakan pusat bertemunya antara arus air dingin dengan arus air panas, sehingga akan mengakibatkan pusaran air yang besar/dasyat. Karena bermuda terletak di perairan Atlantik di pertengahan antara benua Amerika bagian utara dan Afrika. Secara mudah lokasi ini adalah kawasan pertembungan dua arus panas dari Afrika dan sejuk dari Amerika Utara.

      Menurut beberapa orang muslim meyakini dengan hadist ini yang dianggap telah terjawab tentang misteri Segitiga Bermuda. Perkara-perkara aneh yang sering terjadi itu tentu antara lain disebabkan pertembungan antara panas dan sejuk dan menganggap Istana Setan terletak secara tersembunyi di situ. Kemudian dikatakan pula bahwa Dajjal pada saat sekarang menetap di Segitiga Bermuda itu sampai pada menjelang akhir zaman ia akan keluar.

      Air Kehidupan

      Menurut Syaikh Imam M. Ma’rifatullah al-Arsy, segitiga bermuda merupan tempat titik terujung di dunia ini. Di tengah kawasan itu terdapat sebuah telaga yang airnya dapat membuat siapa saja yg meminumnya menjadi panjang umur, ditempat itu pula Nabi Khidzir bertahta sebagai penjaga sumber “Air Kehidupan” tersebut. Syaikh Imam Ma’rifatullah berkata kalau penyelamat akhir Zaman Imam Mahdi akan keluar dari Ghaibnya melalui tempat tersebut dengan menggunakan jubah suci berwarna kebiruan.

      Tempat yang indah dan berbahaya

      Menurut sebuah naskah kuno menyatakan bahwa Raja Iskandar Agung pernah mencoba masuk ke kawasan agung itu dan sekembalinya mereka mengatakan bahwa tempat itu berpasirkan permata dan berbatukan berlian. Tempat yang dipenuhi dengan kabut putih tebal itu sangat indah untuk dipandang tapi sangat berbahaya untuk di datangi.[2]

      Dalam sejarah, orang, kapal-kapal, pesawat terbang dan lain-lain sebagainya yang hilang secara misterius seperti yang sering kita dengar di perairan Segitiga Bermuda, sebenarnya adalah masuk ke dalam lorong waktu yang misterius ini.

      Seorang ilmuwan Amerika yang bernama Ado Snandick berpendapat, mata manusia tidak bisa melihat keberadaan suatu benda dalam ruang lain, itulah obyektifitas keberadaan lorong waktu.

      Dalam penyelidikannya terhadap lorong waktu, John Buckally mengemukakan teori hipotesanya sebagai berikut:

      * Obyektifitas keberadaan lorong waktu adalah bersifat kematerialan, tidak terlihat, tidak dapat disentuh, tertutup untuk dunia fana kehidupan umat manusia, namun tidak mutlak, karena kadang-kadang ia akan membukanya.

      * Lorong waktu dengan dunia manusia bukanlah suatu sistem waktu, setelah memasuki seperangkat sistem waktu, ada kemungkinan kembali ke masa lalu yang sangat jauh, atau memasuki masa depan, karena di dalam lorong waktu tersebut, waktu dapat bersifat searah maupun berlawanan arah, bisa bergerak lurus juga bisa berbalik, dan bahkan bisa diam membeku.

      * Terhadap dunia fana (ruang fisik kita) di bumi, jika memasuki lorong waktu, berarti hilang secara misterius, dan jika keluar dari lorong waktu itu, maka artinya adalah muncul lagi secara misterius.

      Disebabkan lorong waktu dan bumi bukan merupakan sebuah sistem waktu, dan karena waktu bisa diam membeku, maka meskipun telah hilang selama 3 tahun, 5 tahun, bahkan 30 atau 50 tahun, waktunya sama seperti dengan satu atau setengah hari.

      Meskipun beberapa teori dilontarkan, namun tidak ada yang memuaskan sebab munculnya tambahan seperti benda asing bersinar yang mengelilingi pesawat sebelum kontak dengan menara pengawas terputus dan pesawat lenyap.
      Penemuan Piramida di Segitiga Bermuda

      Beberapa ilmuwan Amerika, Perancis dan negara lainnya pada saat melakukan survey di area dasar laut Segitiga Bermuda, Samudera Atlantik, menemukan sebuah piramida berdiri tegak di dasar laut yang tak pernah diketahui orang. Panjang sisi dasar piramida ini mencapai 300 meter, tingginya 200 meter, dan jarak ujung piramida ini dari permukaan laut sekitar 100 meter. Ukuran, piramida ini lebih besar skalanya dibandingkan dengan piramida Mesir kuno yang ada di darat.

      Di atas piramida terdapat dua buah lubang yang sangat besar, air laut dengan kecepatan tinggi melalui kedua lubang ini, dan oleh karena itu ombak yang besar dapat membentuk pusaran raksasa yang membuat perairan di sekitar ini menimbulkan ombak yang dahsyat menggelora dan badai pada permukaan laut.

      Ada beberapa ilmuwan Barat yang berpendapat bahwa Piramida di dasar laut ini mungkin awalnya dibuat di atas daratan, lalu terjadi gempa bumi yang dahsyat, dan menggelamkan daratan ke dasar laut seiring dengan perubahan penurunan permukaan tanah. Ilmuwan lainnya berpendapat bahwa beberapa ratus tahun yang silam perairan di area Segitiga Bermuda dianggap pernah menjadi sebagai salah satu landasan aktivitas bangsa Atlantis, dan Piramida di dasar laut tersebut mungkin sebuah gudang pemasokan mereka.

      Ada juga yang curiga bahwa Piramida kemungkinan adalah sebuah tanah suci yang khusus dilindungi oleh bangsa Atlantis pada tempat yang mempunyai sejenis kekuatan dan sifat khas energi kosmosnya, Piramida itu bisa menarik dan mengumpulkan sinar kosmos, medan energi atau energi gelombang lain yang belum diketahui dan struktur pada bagian dalamnya mungkin adalah resonansi gelombang mikro, yang memiliki efek terhadap suatu benda dan menghimpun sumber energi lainnya.

      Li Hongzhi dalam buku yang berjudul Zhuan Falun mempunyai penjelasan tentang penemuan peradaban prasejarah sebagai berikut; “Di atas bumi ada benua Asia, Eropa, Amerika Selatan, Amerika Utara, Oceania, Afrika dan benua Antartika, yang oleh ilmuwan geologi secara umum disebut ‘lempeng kontinental’. Sejak terbentuknya lempeng kontinental sampai sekarang, sudah ada sejarah puluhan juta tahun. Dapat dikatakan pula bahwa banyak daratan berasal dari dasar laut yang naik ke atas, ada juga banyak daratan yang tenggelam ke dasar laut, sejak kondisi ini stabil sampai keadaan sekarang, sudah bersejarah puluhan juta tahun.

      Namun di banyak dasar laut, telah ditemukan sejumlah bangunan yang tinggi besar dengan pahatan yang sangat indah, dan bukan berasal dari warisan budaya umat manusia modern, jadi pasti bangunan yang telah dibuat sebelum ia tenggelam ke dasar laut.” Dipandang dari sudut ini, misteri asal mula Piramida dasar laut ini sudah dapat dipecahkan.

      Sagita, trimakasih pertanyaanya. Met belajar, s’moga unasnya sukses..!…..amin

  7. Luqman hakim XII IPA4 said:

    ibuuu, Saya penasaran sekali dengan lubang hitam atau disebut blackhole. oleh itu saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan :
    1. Dimana keberadaan Blackhole secara strategis di alam semesta ini dan bagaimana cara mengetahuinya, mengingat blackhole adalah benda hitam sempurna yang mungkin tidak bisa dilihat dengan mata telanjang saja bu?
    2. saya pernah mendengar kalau seluruh partikel dan benda angkasa termasuk planet, bintang maupun cahaya yang terserap oleh gravitasi blackhole tidak akan pernah kembali lagi dan akan menembus dimensi yang lain. apa benar begitu dan bagaimana semua hal tsb bisa terjadi bu’?
    3 mengenai teori relativitas, bagaimana bisa apabila terdapat benda bergerak mendekati atau sama kecepatan cahaya maka terjadi suatu perlambatan waktu dan apabila kecepatan benda tersebut melampaui kecepatan cahaya, maka waktu yang dialami benda tersebut aku mundur?? intinya, dengan kecepatan cahaya kita dapat memperpendek jarak antar ruang dan waktu?bagaimana proses tersebut terjadi?

    Tolong dibahas sedetail mungkin ya ibu’ karena saya penasaran sekali dari dulu ^^ terimakasih sebelumnya
    GO SAINS !!

    • Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga 8kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”. Istilah “lubang hitam” telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.

      Lubang Hitam tercipta ketika suatu obyek tidak dapat bertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinya sendiri. Banyak obyek (termasuk matahari dan bumi) tidak akan pernah menjadi lubang hitam. Tekanan gravitasi pada matahari dan bumi tidak mencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklir dalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi. Tetapi sebaliknya untuk obyek yang bermassa sangat besar, tekanan gravitasi-lah yang menang.

      * Pertumbuhannya

      Massa dari lubang hitam terus bertambah dengan cara menangkap semua materi didekatnya. Semua materi tidak bisa lari dari jeratan lubang hitam jika melintas terlalu dekat. Jadi obyek yang tidak bisa menjaga jarak yang aman dari lubang hitam akan terhisap. Berlainan dengan reputasi yang disandangnya saat ini yang menyatakan bahwa lubang hitam dapat menghisap apa saja disekitarnya, lubang hitam tidak dapat menghisap material yang jaraknya sangat jauh dari dirinya. dia hanya bisa menarik materi yang lewat sangat dekat dengannya. Contoh : bayangkan matahari kita menjadi lubang hitam dengan massa yang sama. Kegelapan akan menyelimuti bumi dikarenakan tidak ada pancaran cahaya dari lubang hitam, tetapi bumi akan tetap mengelilingi lubang hitam itu dengan jarak dan kecepatan yang sama dengan saat ini dan tidak terhisap masuk kedalamnya. Bahaya akan mengancam hanya jika bumi kita berjarak 10 mil dari lubang hitam, dimana hal ini masih jauh dari kenyataan bahwa bumi berjarak 93 juta mil dari matahari. Lubang hitam juga dapat bertambah massanya dengan cara bertubrukan dengan lubang hitam yang lain sehingga menjadi satu lubang hitam yang lebih besar.

      Lubang Hitam Termuda Ditemukan
      Selasa, 16 November 2010 | 14:31 WIB
      NASA
      Lubang hitam atau blackhole SN1979C
      TERKAIT:

      * Ditemukan, Lubang Hitam Supermasif
      * Lubang Hitam di Galaksi Tetangga

      KOMPAS.com – Para astronom berhasil mengambil citra lubang hitam yang masih fresh, baru saja “dilahirkan” alias terbentuk. Pengambilan citra lubang hitam yang berjarak 50 tahun cahaya dari Bumi itu dilakukan dengan bantuan teleskop luar angkasa Chandra X-Ray.

      Lubang hitam itu diketahui terbentuk dari supernova bernama SN1979C yang terletak di galaksi M100. Supernova SN1979C terbentuk dari ledakan sebuah bintang pada tahun 1979 yang berhasil diamati oleh seorang astronom amatir asal Amerika Serikat.

      Dalam kurun waktu 30 tahun, para astronom memperkirakan bahwa lubang hitam ini telah menghisap massa gas yang setara dengan massa bumi. “Lubang hitam ini seperti pemakan planet dalam film Star Trek,” kata Kimberly Weaver, astrofisikawan NASA yang terlibat dalam observasi ini.

      Avi Loeb, astronom lain mengatakan, “Ini adalah kali pertama kita bisa melihat lubang hitam yang baru saja terbentuk. Dengan penemuan ini, kita bisa mempelajari sebuah lingkungan yang tidak bisa direkayasa di laboratorium, hanya ada di alam semesta.”

      Penemuan ini juga berbeda dengan penemuan lubang hitam yang lain sebab para astronom secara pasti mengetahui waktu terbentuknya lubang hitam serta bisa menyaksikan kelahiran dan perkembangan lubang hitam tersebut sejak “bayi”. Bisa dikatakan bahwa lubang hitam ini merupakan lubang hitam termuda yang pernah ditemukan.

      Dengan mempelajari lubang hitam ini, ilmuwan bisa memahami tentang mekanisme ledakadn bintang yang massif, jumlah lubang hitam yang ada di alam semesta serta seberapa banyak materi yang tersisa dari sebuah ledakan bintang.

      Lubang hitam sendiri adalah pemusatan massa di suatu daerah di luar angkasa yang menghasilkan gaya gravitasi yang tinggi sehingga tidak ada satu pun zat, termasuk cahaya, yang mampu lari darinya. Lubang hitam itu menghisap seluruh materi sisa-sisa ledakan bintang.

      Hasil observasi ini dupublikasikan dalam Jurnal New Astronomy yang terbit baru-baru ini. Para peneliti yang terlibat adalah Weaver, Loeb, Christine Jones dan Daniel Patnaude dari Harvard Smithsonian Center dor Astrophysics.

      RELATIVITAS KHUSUS ADALAH :

      1. Bahwa semua ukuran Ruang-Waktu adalah relatif, tergantung dari sudut pandang pengamat yang berbeda, dan apakah ia sedang bergerak atau diam. Dan bahwa “Waktu” yang kita alami, ternyata bisa melambat, atau bergerak lebih cepat, bergantung kecepatan kita.

      Ini contohnya :

      Kalau anda berada dalam sebuah kereta api yang bergerak, maka “Waktu” yang anda alami akan lebih lambat dari “Waktu“ yang dialami oleh seseorang di luar yang sedang berdiri diam. Kalau anda memakai jam tangan dalam kereta yang berjalan itu, maka jam Anda akan berdetik lebih lambat sepersekian detik dari jam orang yang di luar tadi. Ini disebut “Time Dilation”. (Dilate : Berkontraksi, memuai). Makin tinggi kecepatan Anda, makin lambat kecepatan “Waktu” yang Anda alami!

      Nah sekarang, bayangkan keajaiban dari teori Einstein ini.

      “Perjalanan Jutaan Tahun ke Masa Depan!”

      Misalnya ada 2 orang, yang satu, A, pergi naik roket ke luar tata surya dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Yang lainnya (B) tetap di bumi.

      Dengan kecepatan setinggi itu, maka waktu bagi A akan melambat signifikan. Jadinya ketika A kembali ke Bumi, bisa jadi misalnya (tergantung jarak dan kecepatannya), umur A hanya akan bertambah 5 tahun, sementara waktu di Bumi telah berlalu selama 50 tahun!

      Jadinya B sudah menjadi jauh lebih tua dari A, atau bahkan sudah meninggal. Dalam waktu perjalanan A yang jauh lebih panjang, A bisa kembali ke Bumi bahkan di jutaan tahun di masa depan!

      2. Kecepatan Cahaya selalu sama, 300.000 Km / Detik, konstan, dilihat dari manapun sumbernya ataupun pergerakan mereka. Jadi semua hal lainnya relatif, kecuali Cahaya.

      Jika Cahaya ditembakkan dan anda menggunakan roket kecepatan tinggi “mengejar” cahaya itu, cahaya itu akan terukur persis sama kecepatannya tidak berkurang. Jika anda bergerak “menjauh” dari pancaran cahaya itu, kecepatan cahaya itu akan tetap akan sama.

      Salahsatu konsekuensi dari Relativitas Khusus adalah rumus E = mc² : Bahwa energi dan masa adalah sama, bentuk yang berbeda dari satu hal yang sama dan saling menggantikan, dan bahwa massa yang bergerak dengan kecepatan cahaya akan menciptakan energi yang maha dahsyat. Inilah dasar dari ENERGI ATOM/NUKLIR.

      RELATIVITAS UMUM ADALAH :

      Relativitas Umum Einstein membahas tentang ruang angkasa yang sebenarnya merupakan bangunan Ruang dan Waktu, dimana “Waktu” juga bisa Melengkung mengikuti bentuk benda-benda langit raksasa!
      Ini membuktikan satu hal yang sangat besar. Gravitasi, ternyata bukan Gaya Tarik seperti yang dinyatakan Isaac Newton!

      “Gravitasi”, ternyata adalah hasil Lengkungan-pusaran ( Curvature ) dari Ruang dan Waktu yang ada di alam semesta. Bangunan Ruang-Waktu bisa “melengkung”, seperti saat melewati Matahari yang besar. Lengkungan ini mempengaruhi gerakan apapun, bintang, planet, Planet Bumi, bahkan cahaya!

      Matahari memiliki massa dan energi yang besar sehingga menyebabkan pusaran lengkung Ruang-Waktu itu. Lengkungan – pusaran itulah yang menyebabkan Bumi jadi terus berputar-putar mengelilingi matahari, seakan “menjebak” bumi dalam pusarannya. Bumi, juga memiliki lengkung itu sehingga “menjebak” bulan.

      Bayangkan ini, anda mengaduk air dalam sebuah gelas, maka akan tercipta pusaran. Pusaran tengahnya anggap sebagai matahari. Lalu anda taruh sebutir kacang dalam putaran itu. Maka kacang itu akan terus berputar-putar dalam pusaran itu. Seperti itulah dasarnya Bumi terus mengitari Matahari!

      “There is no difference between Time and any of the three dimensions of space except that our consciousness moves along it… Scientific people…know very well that Time, is only a kind of space.”

      H.G Wells, The Time Machine

      Ruang angkasa, adalah bangunan Ruang-Waktu ( bahasa Star Trek-nya : Space-Time Continuum ) yang bisa menciptakan pusaran-pusaran melengkung yang mempengaruhi semua benda-benda angkasa, Bumi, bahkan cahaya.

      Sumber dari Wikipedia.

      Trimakasih Lukman Hakim pertanyaannya.

  8. sagita melati 12ipa4 /26 said:

    ibukk..
    oya bu saya request latihan unas fisika dongz buu
    sbntr lagi unas nih bu,,huhuhuuh

  9. sagita melati 12ipa4 /26 said:

    bu tien
    klo boleh taw bahan2 UAS fisika klas 12 apa aj y bu????

    • materi UAS, semua KD (kompetensi dasar di semester i kelas XII, sampai materi arus bolak-balik. Trimakasih Sagita pertanyaannya.

      • 1. dari suatu tempat ke tempat lainya gelombang memindahkan ?
        a. massa
        b. amplitudo
        c. fase
        d. energi
        e. panjang gelombang

        jawab: d.energi

        2. dua balok kayu terapung pada permukaan air laut dan berjarak 100 cm satu sama lainya. keduanya naik turun bersama permukaan air dengan frekuensi 4 getaran per sekon. bila salah satu gabus berada di puncak gelombang, yang lainya berada di dasar gelombang dan antara kedua balok kayu terdapat dua bukit gelombang, maka cepat rambat gelombang pada permukaan air adalah?
        a.10 cm/s
        b.120 cm/s
        c. 160 cm/s
        d. 480 cm/s
        e. 1000 cm/s

        jawab: c.160 cm/s
        cara:
        f = 4hz
        lamda = 40 cm
        maka,
        v = lamda . f
        v = 40 . 4
        v = 160 cm/s

        3. perpaduan antara dua gelombang harmonik yang frekuensi dan amplitudonya sama tetapi arahnya berlawanan menghasilkan gelombang?
        a. mekanik
        b. elektromagnetik
        c. stasioner
        d. berjalan
        e. longitudinal

        jawab: c.stasioner

        4. persamaan simpangan gelombang
        y = 10 sin phi(0.5 t – 2x). jika x dan y dalam meter serta t dalam sekon maka cepat rambat gelombangnya adalah?
        a. 2
        b. 0,25
        c. 0,1
        d. 0,02
        e. 0,01

        jawab: b. 0,25
        cara:
        y = 10 sin(0,5phit – 2phix)
        y = 10 sin (wt – kx)
        maka:
        w = 2phi . f
        f = w/2phi
        f = 5phi/2phi
        f = 0,25hz

        k = 2phi /lamda
        lamda = 2phi/k
        lamda = 2phi/2phi
        lamda = 1 meter

        berarti: v = f . lamda
        v = 0,25 . 1
        v = 0,25 m/s

        5. yang membedakan gelombang transversal dan gelombang longitudinal antara lain?
        a. cepat rambatnya
        b. frekuensinya
        c. panjang gelombang
        d. arah getarnya
        e. arah rambatanya

        jawab: d. arah getaranya

        ANCA LAIKA XII IPA 4 / 03

  10. dhia shofiah XII IPA 2/11 said:

    Bu tien ,materi tentang elektrostatistik belum ada ya?

  11. sarianti pundi a XII ipa 4/27 said:

    soalnya di miripin y bu😀

  12. sarianti pundi abdyantary XII IA 4/27 said:

    ibu…saya sudah download soal”nya bu..

    kira” buat ulangan besok ada brapa soal ya bu?hehe

    • Untuk ulangan besok soalnya seperti biasa 25 soal. @0 soal Pilihan ganda, menggunakan LJK, yang 5 soal uraian, Siap yah besok ulangan……makasih pertanyaannya.

  13. ya ini lagi mngerjakan hehe
    oiya bu, mau tanya
    apakah garpu tala yang ditempeli permen karet itu frekuensinya selalu menurun?

  14. oh, yah…..kalau sudah mendownload, ya di kerjakan, jika susah kita diskusikan disini…..he he, makasih yah……

  15. Riesa Fauzia XII-IA 4 / 24 said:

    ibu saya udah ndownload soal2 gelombang lhooo hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s