Tag


Tes hasil belajar adalah sekelompok pertanyaan atau tugas-tugas yang harus dijawab atau diselesaikan oleh siswa dengan tujuan untuk mengukur kemajuan belajar siswa. Hasil tes ini berupa data kuantitatif.

Jenis-jenis tes berdasarkan pelaksanaan, isi dan tujuan dibedakan diantaranya :

  1. Menurut cara pelaksanaanya, tes dibedakan menjadi dua yaitu :

          1)   Tes kata-kata (verbal tes), yaitu tes yang menggunakan kata-kata, baik dalam

                memberikan pertanyaan maupun dalam jawaban. Tes ini meliputi :

                (a)   Tes tertulis

                (b)    Tes Lisan

         2)    Tes Perbuatan, yaitu te4s yang dilakukan dengan jawabannya merupakan

                perbuatan dari siswa yang sedang dinilai.

                Soal tes dapat berupa soal tertulis ataupun lisan, bahkan mungkin merupakan

                perbuatan dari penilai.

  1. Menurut Isi dan Tujuannya., tes dibedakan menjadi tiga yaitu :

          1)    Tes hasil belajar, yaitu tes yang menilai sampai dimana hasil belajar yang dicapai siswa, setelah mereka menjalani perbuatan belajar dalam waktu tertentu. Jadi tes ini dilalukan setelah siswa mengalami proses belajar, dan bahan yang dijadikan soal tes tidak keluar dari bahan yang telah dipelajari oleh Siswa.

          2)    Tes diagnostic, adalah tes untuk mengedtahui kelemahan dan kekuatan siswa dalam pelajaran tertentu yang hasilnya digunakan untuk membantu siswa tersebut dalam mengatasi kesulitannya dalam pelajaran tersebut.

         3)     Tes psikologis, yaitu tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan psikologis siswa, terutama cirri-ciri tewrsebut.

Tes psikologis meliputi :

(a)          Tes kecerdasan, untuk mengetahui kecerdasan umum siswa

(b)         Tes minat, untuk mengetahui minas siswa dalam berbagai hal tertentu, yang hasilnya dapat digunakan dalam membantu mengarahkan siswa dalam merencanakan kelanjutan belajar atau memilih program studi.

(c)          Tes sikap, untuk mengetahui sikap siswa terhadap hasil-hasil tertentu.

(d)         Tes bakiat khusus. Untuk mengetahui bakat-bakat khusus yang dimiliki siswa, yang hasilnya dapat digunakan untuk mengarahkan siswa dalam memilih kelanjutan pendidikan

(e).      Tes kepribadian, untuk mengetahui cirri-ciri kepribadian lainnya

Tes hasil belajar tersebut bisa dilihat di Kurikulum SMAN 16 Surabaya